Primates

Ordo vertebrata, kelas Mammalla, subkelas Theria, terciri dengan perkembangan sistem saraf yang lebih sempurna.

Primates (Wikipedia)
Primata
Rentang fosil: Late Paleocene–recent
Olive baboon.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kingdom:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Mammalia
Subkelas:Eutheria
Superordo:Euarchonta
(tanpa takson):Euarchontoglires
Ordo:Primates
Linnaeus, 1758
Familia
  • 15, lihat teks

Primata adalah mamalia yang menjadi anggota ordo biologi Primates. Di dalam ordo ini termasuk lemur, tarsius, monyet, kera, dan juga manusia. Kata ini berasal dari kata bahasa Latin primates yang berarti "yang pertama, terbaik, mulia". Secara taksonomi terpisah dalam 2 kelompok: Strepsirrhini (Prosimians) dan Haplorhini (Simians); manusia dan simpanse masuk di dalamnya. Walau berbagi famili yang sama; homonidae (kera besar), keduanya kemudian berpisah ke dalam genus yang berbeda.

Sebagai sebuah ordo, primata terdiri dari kurang lebih tiga ratusan spesies, dan terus bertambah akibat proses spesiasi yang terus berlangsung dan review taksonomi.Colin Groves mencatat sekitar 350 spesies primata dalam Primate Taxonomy. Ilmu yang mempelajari primata dinamakan primatologi.

Lemur adalah salah satu keluarga primata

Seluruh primata memilik lima jari (pentadactyly), bentuk gigi yang sama dan rancangan tubuh primitif (tidak terspesialisasi). Kekhasan lain dari primata adalah kuku jari. Ibu jari dengan arah yang berbeda juga menjadi salah satu ciri khas primata, tetapi tidak terbatas dalam primata saja; opossum juga memiliki jempol berlawanan. Dalam primata, kombinasi dari ibu jari berlawanan, jari kuku pendek (bukan cakar) dan jari yang panjang dan menutup ke dalam adalah sebuah relik dari posisi jari (brachiation) moyangnya pada masa lalu yang barangkali menghuni pohon. Semua primata, bahkan yang tidak memiliki sifat yang biasa dari primata lainnya (seperti loris), memiliki karakteristik arah mata yang bersifat stereoskopik (memandang ke depan, bukan ke samping) dan postur tubuh tegak.