Hidrosefalus

secara harfiah berarti “air di otak.” Hidrosefalus adalah penumpukan cairan di dalam tengkorak, yang menyebabkan pembengkakan otak. Hidrosefalus disebabkan oleh masalah aliran cairan serebrospinal, cairan yang mengelilingi sumsum otak dan tulang belakang. Cairan ini membawa nutrisi ke otak, menghilangkan limbah dari otak, dan bertindak sebagai bantalan

Cairan serebrospinal biasanya bergerak melalui area otak yang disebut ventrikel, di sekitar bagian luar otak dan sumsum tulang belakang. Cairan ini kemudian diserap ke dalam aliran darah. Penumpukan cairan dapat terjadi di otak jika aliran atau penyerapan terblokir atau jika cairan terlalu banyak diproduksi. Penumpukan cairan menempatkan tekanan pada otak, mendorong otak ke tengkorak dan merusak atau menghancurkan jaringan otak.

Hidrosefalus (Wikipedia)
Hidrosefalus
Hydrocephalic skull.jpg
Keadaan tengkorak penderita hidrosefalus.
Klasifikasi dan rujukan luar
SpesialisasiGenetika kedokteran, neurologi
ICD-10G91., Q03.
ICD-9-CM331.3, 331.4, 741.0, 742.3
DiseasesDB6123
MedlinePlus001571
eMedicineneuro/161
Patient UKHidrosefalus
MeSHD006849

Hidrosefalus (kepala-air, istilah yang berasal dari bahasa Yunani: "hydro" yang berarti air dan "cephalus" yang berarti kepala; sehingga kondisi ini sering dikenal dengan "kepala air") adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak (cairan serebro spinal) atau akumulasi cairan serebrospinal dalam ventrikel serebral, ruang subarachnoid, atau ruang subdural. Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya, khususnya pusat-pusat saraf yang vital.